Selasa, 23 April 2013

RITUAL DAN SESAJEN

Jangan heran jika kita sering menjumpai orang atau seke-lompok orang yang sedang ber-kumpul untuk berdo’a dan memohon satu hal yang sangat kuat pengaruhnya bagi mereka, karena seiring berjalannya waktu tidak mampu menghapus kebia-saan-kebiasaan yang pernah dila-kukan oleh leluhur. Seperti hal-nya ritual, sering kali dijumpai pada masyarakat Sumenep, be-berapa hal yang ada kaitannya dengan acara-acara besar atau hajatan masih menggunakan ja-lan  tersebut sebagai jalan kese-lamatan dan kesuksesan acara.
Kalau dilihat dari tumbuhnya ri-tual tersebut memang bukan berasal dari Sumenep, mun-culnya ritual dan sesajen ini adalah dari penganut agama atau kepercayaan pada sang widi (hindu). Hal ini memang berangkat dari kebiasaan dari nenek moyang yang percaya akan adanya roh. Kepercayaan pada roh tersebut mempunyai beberapa sebutan, seperti animisme, dina-misme dan atheisme.
Kebiasaan dalam melakukan ritual ini banyak berkembang da-lam kawasan jawa, karena hal tersebut juga merupakan penga-ruh dari kercayaan yang ada dan kemudian dengan adanya penga-ruh agama Islam. Agama yang dibawa oleh para wali juga mem-berikan pengaruh penting bagi tumbuh dan berkembangnya ri-tual dan sesajen ini. Para wali yang melihat fenomina tersebut bukan lantas memberantas kebi-asaan atau kebudayaan yang telah ada dan tumbuh subur dimasyarakat. Akan tetapi kebiasaan yang menghambur-ham-burkan sesuatu (katakan saja makanan, karena dalam hal ini mengupas tentang sesajen) se-lanjutnya diarahkan untuk tidak dibuang dengan percuma. Para wali kemudian mengarahkan ma-syarakat untuk memberikan ma-kanan yang biasanya selalu hadir dalam bentuki kemasan yang be-rupa sesajen ini pada tetangga atau orang disekitarnya. Sedikit mengubah eksistensi dari sesajen tersebut, dari yang awalnya di-buang kemudian diberikasan atau disedekahkan.
Acara penting dan sakral biasa tidak bisa dilepas dari sesajen ini, seperti pernikahan, dan acar sla-metan biasanya menggunakan sesajen, rokat (ruwetan) misal-nya, sesajen selalu hadir dite-ngah-tengah acara tersebut. Bisa dikatan, jika tidak ada sesajen acara yang akan dilangsungkan kurang lengkap dan bisa saj aca-ra yang akan dilangsungkan tersebut akan gagal untuk dilaksanakan. Bentuk dari sesajen ini tergantung dari acara yang akan dilangsungkan, seperti halnya acara rokat maka sesajen yang harus ada adalah buah kelapa, buah pinang, ketupat, jarum, daun sirih, dan ayam.
Semua komponen diatas harus lengkap dan tidak boleh kurang satupun dari beberapa hal yang telah ada. Karena  semua komponen tersebut mempunyai simbol dan pemaknaan yang berbeda dan keberadaanyapun akan melengkapi dari acara yang akan berlangsung.
Sumenep yang termasuk dalam kawasan jawa juga tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan ter-sebut. Ritual dan sesajen masih berada digarda terdepan dalam pelaksanaan hajatan atau acara-acara penting.  Dalam acara per-nikahan harus menyiapkan satu nampan beras dan satu telur yang diletakkan diatasnya, kemudian harus menyalakan damar kambang sebagai alat untuk mengetahui sukses atau tidaknya acara tersebut. Ke-biasaan ini akan teruus berlanjut seiring dengan kemajuan tek-nologi. Karena keberadaan ritual dan sesajen ini bukan hanya se-mata-mata bentuk ritual saja akan tetapi ada nilai yang harus ada dalam pelaksanaan tersebut.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown mengatakan...

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?

Posting Komentar