Selasa, 23 April 2013

KEMBALI PADA SEJARAH

Ilustrasi
Keberadaan kita hari in adalah buukti terbentuknya dari perjalanan yang telah kita tempuh kemaren, sehingga apa yang menjadi hasil dari hari ini pun adalah refleksi dari berlalunya hari kemaren. Banyak yang mengatakan bahwa, hari ini adalah bentuk dari hari yang datang pada waktu lalu, bukan hari esok ataupun lusa. Dan tidak mungkin kitadapat berdiri sendiri tanpa ada tangan orang lain disekitar kita, tentunya. Katakan saja orang tua kita dan sebagainya. Nah pada kali ini sengaja akan saya sampaikan beberapa hal yang tidak banyak tentang orang-orang yang telah bersejarah membentuk serta menjadikan kita seperti saat sekarang ini.
Orang yang melahirkan kita kedunia adalah sosok yanag sangat berjasa akan kelahiran kita. Akan tetapi lebih lanjut, terdapat beberapa orang yang sangat berjasa terhadap keberadaan kita sekarang ini, yaitu adalah para pejuang atau para pahlawan. Keberadaan mereka memang secara tidak kita sadari hanya menjadi catatan sejarah yang dipelajari dikelas-kelas saja, dan kita tidak pernah memperdulikan aka perjuangan yang telah mereka lakukan. Memang betul, ketika kita mengenang mereka tidak akan memberikan pengaruh apa-apa kepada para pahlawan, utamanya bagi para pejuang yang telah memberikan tanah air yang kita duduki dengan nyaman.
Mengenang atau Kenangan?
Bagi sebagian orang yang mempunyai kepentingan, momen hari pahlawan ini adalah ladang untuk berkarya, dan berusaha untuk menjadikan kedepan lebih baik lagi. Misalnya dengan mengadakan refleksi perjuangan yang kongkret dikehidupan yang kita jalani. Bukan hanya sekedar berwacana dibalik layar saja, yang hanya bisa mengkritik dan tidak bisa memberikan solusi tepat. Ada yang bilang kita bisa mengawali langkah kita untuk mengenag pahlawan dengan mempertahankana apa yang telah diwariskan kepada kita. Contoh yang nyata adalah dengan menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar. Hal ini mungkin terdengn sepele akan tetapi tiak jarang warna negara indonesia sendiri telah lupa bahkan meninggalkan bahasa persatuan yang telah diproklamirkan oleh sejumlah pemuda pada waktu sumpah pemuda.
 Seharusnya
Banyak hal perlu kita lakukan dalam memperingati hari pahlawan ini, diantanya adalah dengan bersikap positif dan bekerja keras untuk membantu perkembngan serta kemajuan Indonesia raya yang tercinta. Setidaknya hal ini yang kita tanamkan pada diri kita pribadi tanpa melihat terlebih dahulu apakah hal teresebut sudah dikerjakan orang lain atau tidak. Dan hal ini pula patut kita jadikan pedoman dalam bertindak. Siapa yang tidak mau bersikap baik dan bertingkah laku dengan baik pula?. Tentu jawabannya adalah orang yang tidak mempunyai hati nurani serta tidak mempunyai keinginan untuk merubah kehidupannya kedepan menjadi yang lebih baik lagi. Dan akhirnya kita kembali juga pada sejarah. Para pahlawan yang telah mendahului kita bertekat untuk merubah kehidupan Indonesia terbebas dari penjajahan, dan dengan tujuan yang mulia tersebut mereka tidak pernah berharap untuk dikenang dan bahkan tidak pula meminta dijadikan sebagai kenangan. Kita sebagai warna Negara yang baik wajib meneladani apa yang telah diberikan para pejuang kepada kita. Tekat bulat, persatuan dan kesatuan harus mampu menjadi fondasi yang kuat untuk bias berubah dan bebas dari kehidupan yang menyengsarakan.

0 komentar:

Posting Komentar